Wolfram Alpha, ahlinya matematika


tulisan ini diambil dari blog saya yang satunya. :D teringat akan postingan ini dan saya kira cukup relevan dengan tema blog ini, maka saya alihkan isinya tepat seperti apa yang ada di sana. ingin melihat postingan di blog saya yang satunya, silahkan klik di sini



bermula dari tugas Anum (Analisis Numerik), kami membuat Laporan hasil eksperimen dengan menggunakan Matlab. kelompok lain yang telah menyelesaikan laporannya menghampiri kelompok kami dan berdiskusi ringan. karena ada beberapa perbedaan, kami berdebat mengenai turunan dari fungsi Rosenbrock karena hasil turunan kami berbeda.


di situlah awal saya mengenal situs ini (cupu ya ^^). kawan kami yang datang menunjukan kami bukti kebenaran hasil perhitungannya dengan bantuan situs yang mirip dengan search engine seperti google ini. dengan memasukan persamaan yang kami perdebatkan dan (taraaa!!) hasil nya langsung terlihat.

yang membuat saya kagum adalah selain mampu menampilkan hasil perhitungannya, wolframalpha juga mampu menampilkan propeties terkait seperti plot hasil fungsi, global minimum/maximumnya, bentuk integralnya, representasi alternatif dari fungsi yang kita masukan hingga bentuk deretnya.

bedanya apa dengan google? bedanya adalah google mencari informasi tentang apa yang kita ketik di web yang kevalidannya bukan tergantung google, tapi penyedia situs yang terindeks oleh google. sedangkan wolframalpha menggunakan pengetahuan yang dimilikinya sendiri digabungkan dengan komputasi tertentu (yang menurut saya cukup canggih mungkin) untuk menginterpretasikan. sesuai captionnya, computational knowledge engine.

saya belum mencoba lebih jauh sih, tapi lumayan membuat saya geleng-geleng pada kesan pertama. mengintip sebentar quick tournya. ternyata bukan hanya persoalan matematika, namun beberapa pengetahuan lain seperti kimia, biologi, kesehatan, sejarah , science dll. salah satu kelemahannya adalah belum semua data knowledge tersedia di sana. mungkin karena masih sedang dikembangkan untuk ditambahkan pengetahuan lain. karena ketika saya mencoba mengetik cell, belum ada data yang tersedia di databasenya.

lumayan nih, karena selain google translate atau kamus.net yang bisa saya manfaatkan sebagai dictionary online, sekarang saya punya tool online lain untuk perhitungan, yaitu wolframAlpha.

penasaran? silahkan bersenang-senang ria dengan wolframalpha di wolframalpha.com 

sumber : mmasykur.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

silahkan isi komentar anda. no spam please. ^^