kerja kelompok dengan google doc(s)

untuk teman-teman akademisi, ketika kita mengerjakan sesuatu (kaya sy*hrini aja) secara berkelompok  kadang kita mengerjakan secara terpisah. kita mengerjakan di dokumen word sendiri, mereka di dokumen word sendiri. sedikit banyak hal ini kurang efisien dibandingkan dengan teknologi yang sudah ada sekarang. 

mungkin sebagian besar pembaca sudah mengetahui dan terbiasa menggunakannya. yap, sekarang ada suatu aplikasi yang saya nilai keren sekali. namanya google doc. dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengedit document secara online alias menggunakan koneksi internet.

aplikasi ini berbasis web sehingga kita memerlukan koneksi internet untuk mengerjakannnya. agak ribet memang untuk kawasan yang memiliki koneksi internet terbatas. namun saya sangat menganjurkan untuk mencobanya.

apa sih kelebihan dari google doc?
bisa multi user (banyak pengguna).
kita bisa mengedit dokumen yang sama dalam waktu bersamaan dengan menggunakan komputer yang berbeda.  bila dalam editor offline kita melihat satu kursor milik kita, dengan google doc kita bisa melihat banyak kursor (punya kita dan teman kita) lengkap dengan gerakan dan aktifitas mengetiknya.keren bukan
*saya aja geleng-geleng pas nggunain pertama kali. :D

fasilitas chat dan komen.
sewaktu mengerjakan kita juga bisa beriteraksi dengan teman kita dengan fasilitas chat. "woy, kerjaan lu diselesein tuh" misalnya. jadi sangat membantu sekali dalam pengerjaan kelompok.

protection capability.
kita bisa mengatur siapa aja yang bisa membuka file doc kita. tak perlu takut diusili orang.

multi document
bukan hanya tipe file .doc aja. bisa file pdf, presentasi, spreadsheet, drawing banyak deh pokoknya. sementara sh saya baru sering make yang doc dan spreadsheet.

online, dapat diakses dimana aja.
saya pernah mengalami ketika harus mengerjakan tugas tapi flashdisk ketinggalan. untung ada file tugas di akun saya, jadi tak masalah deh, tinggal online. dan print. karena file online kita bisa kita download/

ingin mencoba? silahkan ke Google Docs. di sana kita akan diminta login dengan menggunakan akun google kita. jika belum punya, silahkan sign up. gratis koq.

berikut beberapa screenshot dari google doc.




google drawing
google doc

homepage google doc

0 comments:

Post a Comment

silahkan isi komentar anda. no spam please. ^^